Monday, July 9, 2012

10 Pemimpin Perang Paling Hebat dari Asia Timur

Anda yang suka dengan Film peperangan ataupun sejarah tentu mengenal Jendral atau pemimpin perang yang tangguh di dunia seperti Alexander Agung, Cyrus Agun, Julius Caesar dan juga Salahudin Al Ayubi. Nama mereka terukir sebagai pemimpin perang yang banyak memenangkan banyak pertempuran yang tercatat dalam sejarah dunia. Namun kali ini kita menyeberang ke Asia timur untuk melihat beberapa jendral dan pemimpin tangguh dalam peperangan dan ditakuti musuh musuhnya, berikut kami merangkum 10 Pemimpin Perang paling Tangguh dari Asia Timur.

1. Laksamana Yi Sun-Sin
Laksamana Yi Sun-Sin adalah seorang pemimpin Angkatan Laut Korea dalam Perang Imjin, ia telah memenangkan 23 pertempuran dengan menggunakan taktik militer dan strategi yang sangat baik, meskipun kalah jumlah di setiap pertempuran yang dilakukannya.
Pertempuran Hansando, merupakan pertempuran yang paling penting dalam gelombang perang yang terjadi pada waktu itu. Angkatan Laut Laksamana Yi itu sangat kalah jumlah dengan kapal Jepang (56 kapal Korea melawan 73 kapal Jepang), namun Yi berjaya melalui taktik militer yang sangat baik. korban Jepang mencapai 66 kapal hancur, dan lebih dari 9000 tentara tewas. Sementara dari pihak Korea tidak kehilangan kapal, dan hanya 19 tentara tewas.

Mungkin yang paling menakjubkan kemenangan Yi di Pertempuran Myeongnyang, di mana ia melakukan hal yang mustahil dengan mengalahkan 333 kapal Jepang dengan hanya 13 kapal.
Hasil akhir adalah 123 kapal rusak dan dihancurkan, dan 18.000 tentara Jepang tewas, sedangkan armada Yi hanya kehilangan  36 tentara.
“Sepanjang sejarah telah ada beberapa jenderal yang telah mencapai pada taktik serangan frontal, serangan mendadak, konsentrasi dan pelebaran. Tidak diragukan lagi, Yi adalah panglima tertinggi angkatan laut bahkan berdasarkan literatur terbatas dari Perang Tujuh Tahun, dan meskipun  secara fakta  keberanian dan kecemerlangannya tidak diketahui ke Barat. Siapa pun yang bisa dibandingkan dengan Yi harus lebih baik dari Michiel de Ruyter dari Belanda. Nelson jauh tertinggal dari Yi dalam hal karakter pribadi dan integritas. Yi adalah penemu kapal perang tertutup dikenal sebagai kapal penyu. Dia adalah seorang komandan benar-benar hebat dan menguasai taktik angkatan laut dari tiga ratus tahun yang lalu. “

2. Sun Tzu
Sun Wu atau lebih dikenal dengan nama Sun Tzu adalah merupakan Jendral China yang piawai dalam merumuskan berbagai strategi perang yang bijaksana dan filosofis. Sun Tzu terkenal lewat bukunya yang berjudul ‘The Art of War’ Buku ini dianggap sebagai karya paling hebat dalam dunia militer, dan sering disebut dan dikutip oleh para jenderal sejak dipublikasikan oleh Sun Tzu, ‘The Art of War’, telah menginspirasi dan membantu jenderal militer yang mencapai kesuksesan seperti Napoleon dan Tokugawa Ieyasu

3. Yul Kwon
Yul Kwon adalah seorang jenderal militer yang sukses Korea dalam Perang Imjin. Namanya menjadi popular setelah memenangkan Pertempuran Ichi dan Pertempuran Haengju. Dalam pertempuran Ichi, tentara Yul Kwon hanya  1.000 melawan 10.000 tentara Jepang. kemenangan Yul Kwon menjadikan Provinsi Jeollan lepas dari Jepang.
Dalam Pertempuran Haengju,  bersama 2.800 tentaranya Yul Kwon berhasil mengalahkan pasukan Komandan Jepang, Kato Kiyomasa’s, yang jumlah tentaranya diperkirakan sekitar 30.000 tentara. Pertempuran itu merenggut nyawa 10.000 tentara Jepang, sehingga menjadi tiga kemenangan yang paling penting bagi Korea dalam Perang Imjin

4. Tokugawa Ieyasu
Tokugawa Ieyasu, pendiri Keshogunan Tokugawa dari Jepang, yang telah berlangsung lebih dari 250 tahun. Ia akhirnya mengakhiri Periode Sengoku Jepang, ia melakukan ini dengan mengalahkan Pasukan setia pada klan Toyotomi, dan beberapa marga Jepang Barat .
Menurut sejarah Dia adalah seorang pemimpin besar yang diyakini telah berjuang di lebih dari 90 pertempuran. Ia dianggap telah mempersatukan Jepang di saat kondisi yang sulit, menyusul kekalahan berturut turut mereka oleh Korea dalam Perang Imjin .


5.Togo Heihachiro
Togo Heihachiro dianggap sebagai salah satu pahlawan angkatan laut terbesar Jepang. Heihachiro dikenal sebagai Panglima dari Angkatan Laut Kekaisaran Jepang yang berperan penting dalam Perang Rusia-Jepang ,yang kemudian dimenangkan Jepang. Sejarah mencatat ini  sebagai Pertempuran Tsushima. Pertempuran itu berakhir dengan dua-pertiga dari armada Rusia hancur dan dari pihak Jepang sendiri hanya sedikit tentara yang gugur pada waktu itu, Heihachiro pun  dianggap sebagai “Nelson dari Timur.”

6. Genghis Khan
Siapa yang tidak kenal dengan tokoh satu ini, dia merupakan Jendral tersukses sepanjang masa, bangsa Asia pertama yang menguasai beberapa kerajaan Asia Tengah, Asia Timur, Eurasia, Eropa Timur dan Timur Tengah. Sehingga menjadi salah satu kerajaan terbesar pada saat itu. Genghis Khan dikenal juga sebagai adalah bapak pendiri Mongolia dia mempersatukan berbagai suku yang terdapat di daratan Mongolia dan menjadi pasukan tangguh yang tak terkalahkan.

7. Nguyen Hue
Nguyen Hue, atau dikenal sebagai Kaisar Quang Trung, merupakan kaisar kedua dari Dinasti Tay Vietnam. Pada abad ke-18, Dinasti Lê Vietnam berada di kendali perseteruan dua  keluarga yaitu Lords Trinh dari Utara, dan Lords Nguyễn Selatan. Kedua belah pihak sering berperang satu sama lain untuk pengendalian bangsa, dan saling mengaku yang setia kepada raja. Nguyen Hue menjadi pemimpin Pemberontakan Tay Son yang terkenal, saat itu ia bersama pengikutnya mampu mengalahkan para Penguasa Trinh, dan menggulingkan Dinasti Lê.
Kaisar Lê melarikan diri ke Qing Cina, dan memohon Kaisar untuk bantuan. Dia mengirim tentara ke Vietnam tapi mengalami kekalahan. Hari ini, Nguyễn Hue dianggap sebagai salah satu komandan militer yang paling sukses dalam sejarah Vietnam.

8. Han Shizhong
Han Shizhong adalah seorang jenderal Cina yang berperan penting dalam perkembangan militer China tepatnya pada Dinasti Song yaitu dia mencetuskan memodifikasi busur dan sekaligus penemu baju besi. Han juga berjuang dalam Invasi Jurchen China, dan berhasil mengalahkan para penjajah Jurchen. Untuk kegemilangan Han shizhong pada masa Dinasti Song membasmi  penjajah Juchen akhirnya china memberi gelar sebagai pahlawan china.

9. Mundeok Eulji
Mundeok Eulji adalah seorang Jenderal Korea di Perang Goguryeo-Sui. Perang Goguryeo merupakan rangkaian kampanye yang diluncurkan oleh Dinasti Sui China terhadap Dinasti Goguryeo Korea pada tahun 598 dan 612-614. Tentara Eulji Mundeok pada saat itu begitu kalah jumlah, sekitar 300.000 tentara Korea melawan lebih dari 1 juta tentara Sui, di kedua invasi. Hasil luar biasa adalah Eulji Mundeok mempertahankan Goguryeo. Kemenangan tersebut berkontribusi pada jatuhnya Dinasti Sui.

10. Le Loi
Le Loi adalah kaisar pertama dan pendiri Dinasti Le di Vietnam. Ia merupakan salah satu tokoh paling berpengaruh dan pahlawan besar Vietnam yang membebaskan negerinya dari penjajahan Tiongkok (kerajaan Ming China). Ia merupakan penguasa Dinasti Le terpanjang dalam sejarah Vietnam (1428-1788). Pada tahun 1407  kerajaan Ming China mulai memulai penyerangan ke Vietnam. Sehingga Le Loi membentuk sebuah pasukan untuk melawan pasukan Ming. Le Loi akhirnya berhasil memukul mundur pasukan Ming pada waktu itu dan membebaskan penjajahan dari kerajaan Ming. Le Loi adalah pemimpin perang paling terkenal dan berpengaruh pada periode abad pertengahan kerajaan Vietnam,dan dianggap sebagai pahlawan terbesar Vietnam.(**)